Sunday, December 25, 2016

PENGALAMAN SELAMA DI KAMPUNG INGGRIS PARE (PART 1)

Cara Daftar Lembaga Kursus di Kampung Inggris

Motivasiku berangkat ke pare berawal dari keinginan untuk melanjutkan sekolah. Salah satu syaratnya mengharuskan untuk memiliki skor toefl minimal 500. Padahal kemampuan bahasa Inggrisku sangat pas-pasan. Akhirnya aku memutar otak bagaimana supaya bisa mendapat skor 500 dalam waktu singkat. Mulailah aku browsing di dunia maya untuk mencari lembaga kursus yang pas di kantong tapi tetap berkualitas dan pastinya membutuhkan waktu kursus yang singkat. Setelah open-close web sampai telepon ke contact person si lembaga kursusan, ternyata belum ada yang memenuhi keinginanku.
Teringat cerita seorang teman (mbak kos waktu kuliah dulu) yang pernah ke pare selama satu bulan. Intinya memberikan kesan positif dalam ceritanya. Oh ya, mungkin ada yang belum pernah mendengar dan akhirnya bingung dengan istilah pare. Jadi Pare adalah nama salah satu kecamatan di kabupaten Kediri, Jawa Timur. Pare ini sangat luas loh. Salah satu desa di Pare yang bernama desa Tulungrejo, berisi banyak tempat kursus bahasa Inggris. Mulai dari kursus kecil sampai besar. Sehingga disebut sebagai Kampung Inggris.
Kembali ke cerita semula. Aku mencoba mengetik kata “Kursus Bahasa Inggris murah di Pare” pada Search Engine. Tak butuh waktu lama, muncul banyak link disana, dan aku tertarik untuk mengklik salah satunya.
Web Kampung Inggris ini merupakan salah satu event organizernya kampung inggris. Bagi yang pertama kali ke kampung inggris, mungkin tidak ada kenalan di sana, apalagi tempat asal kalian terhitung jauh dari Pare, aku sarankan memakai EO karena lebih praktis dan tidak ribet.
 Selanjutnya aku mencari lembaga kursus yang sesuai dengan kebutuhanku. Karena aku masih nol putul, maksudnya pengetahuan berbahsa inggris masih sangat minim, sehingga aku memutuskan mengambil program grammar terlebih dahulu sebelum mengambil program toefl.
Di web sudah dijelaskan lembaga kursus mana saja yang memberikan program grammar ini. Dan setelah baca komentar-komentar dari para alumni kampung inggris yang ada di web, akhirnya aku memutuskan untuk mengambil program EFAST 1 (Baca: One) di lembaga ELFAST. EFAST 1 ini merupakan program grammar dasar yang diberikan dalam waktu satu bulan.
Cara daftarnya cukup mudah. Pertama masuk ke http://daftar.kampung-inggris.com. Ikuti langkah-langkah pendaftarannya. Pilih program sesuai keinginan dan tujuan masing-masing. Waktu itu aku pilih EFast 1. Lalu kita akan ditanya juga, mau kos atau camp. Kalau kos tidak ada program tambahan dan bahasa sehari-hari menggunakan bahasa Indonesia, sedangkan camp ada program tambahan, biasanya speaking, sehingga bahasa sehari-hari menggunakan bahasa Inggris.
Setelah melakukan pendafataran, maka kita akan mendapat email yang berisi seperti ini :

Dan ada attachment invoice Unpaid seperti gambar di bawah ini :


Nah, besoknya setelah kita melakukan pembayaran, makan akan mendapat email konfirmasi pembayaran seperti ini :

Dan attachment invoicenya akan berubah warna menjadi warna hijau, bertuliskan PAID

Okay, mudah sekali bukan cara mendaftarkan diri di kampung inggris. Kita tinggal datang ke lokasi saat hari-H pembelajaran. Bisa tanggal 10 ataupun tanggal 25, tergantung pilihan masing-masing. Ga pake bingung masalah tempat tinggal ataupun kendaraan. Cerita selanjutnya next time ya >> PENGALAMAN SELAMA DI KAMPUNG INGGRIS PARE (PART 2) : BULAN PERTAMA DI PARE.









No comments:

Post a Comment